Open Cbox

Tubuh Kita

Sabtu, 08 Oktober 2011 , Posted by albertus_crs at 22.18

Kali ini post saya berhubungan dengan tubuh pada manusia saja. Tubuh kita ini mungkin banyak diantara kalian yang kurang tau fakta faktanya.

Dimulai dari RAMBUT, apakah kalian tau kalau rambut kita ini merupaka rambut yang sangat hebat, rambut merupaka bulu yang tumbuh pada kulit manusia (terutama di kepala). Salah satu bagian tubuh manusia yang satu ini sulit dihancurkan. Kerusakan pada rambut berjalan sangat lambat. Rambut bahkan dapat bertahan lebih lama daripada bagian tubuh. Mumi telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut di kepalanya. Iklim, kelembapan, suhu, zat asam, dan kimia, tidak dapat menghancurkan rambut.


Satu-satunya yang dapat merusak rambut adalah api, karena struktur rambut terdiri dari bahan karbon yang mudah terbakar.

LAMBUNG / PERUT merupakan alat pencernaan manusia yang digunakan untuk mencerna makanan. Di dalam perut terdapat asam lambung (HCl) yang dapat melarutkan zat seng. Kalian pasti bertanya-tanya apakah asam lambung yang begitu kuat dapat membuat perut kita berlubang? Hal ini tidak terjadi karena lapisan di dalam perut kita dapat memperbaharui diri dengan cepat untuk mencegah kerusakan karena asam lambung. Kemampuan memperbaharui dengan cepat inilah, yang membuat perut manusia tidak berlubang.

GINJAL merupakan organ tubuh bagian dalam yang letaknya di bagian belakang atau kalau kita pegang diantarra punggung dengan pinggang, tubuh manusia hanya memiliki dua ginjal. Guna dari ginjal adalah membersihkan racun di dalam tubuh. Setiap ginjal memiliki 1 juta penyaring. Ini berarti tubuh kita memiliki 2 juta penyaring, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urine 1,4 liter per hari. Tanpa fungsi ginjal, racun akan menumpuk di dalam tubuh dan kita akan sakit. Inilah sebabnya mengapa orang-orang yang memiliki penyakit gagal ginjal perlu melakukan cuci darah secara rutin.

HIDUNG, semua orang pasti tau penyakit influenza (flu). Keadaan yang paling sering kita rasakan adalah bersin-bersin. Hati-hati lho kalu bersin itu tidak boleh ditahan, karena kecepatan bersin manusia dapat melebihi 160 km/jam. Ketika bersin, kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan 160 km/jam. Sebaiknya kalau bersin jangan ditahan. Apabila tetap nekat dapat berakibat patah tulang rawan hidung, mimisan, pecahnya gendang telinga, vertigo (gejala sakit kepala yang terasa berputar), dan retina yang terlepas. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha menahan kecepatan bersin yang tinggi.

SEL, bagi kalian yang sudah di SMP (sekolah menengah pertama) atau lebih, kalian pasti tau sel yang merupakan bagian kecil penyusun tubuh. Setiap 60 detik, tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Ini merupakan jumlah populasi di negara Amerika Serikat (AS). Jika jumlah sel yang mati sangat banyak, lantas kenapa tubuh manusia tidak membusuk? Karena jumlah sel yang lahir lebih banyak dibandingkan jumlah sel yang mati. Setiap hari, sekitar 10-50 triliun sel baru dibentuk di dalam tubuh kita. Untuk menggantikan sel-sel yang mati. Bagi kalian yang masih dalam tahap pertumnbuhan sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung protein. Karena protein sangat membantu untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan.

TULANG, merupakan bagian tubuh yang paling keras. Kita sering mendengar istilah patah tulang, apakah benar tulang kita patah? Tulang ternyata cukup kuat lho! Satu balok tulang sebesar korek api ternyata dapat menahan beban sampai 9 ton!


Currently have 2 komentar:

  1. mantab Bro,,,,
    tambah terus artikelnya

    http://bukahalaman.blogspot.com

Leave a Reply

Posting Komentar

tinggalkan pesan/komentar anda tentang posting ini