Open Cbox

Kebiasaan yang Baik Buat Otak

Jumat, 28 Oktober 2011 , Posted by albertus_crs at 21.22


Artikel ini berisi tentang cara atau kebiasaan yang membuat otak anda bekerja secara maksimal

Selalu Membuat Catatan dalam Bentuk Jurnal atau Notes Kecil
mencatat ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20%. Data yang masuk ke otak tanpa tercatat mungkin saja terekam dan mungkin juga tidak. Namun, jika data tersebut dicatat, kita dapat melihatnya kembali ketika kita lupa. Jangan lupa mencatat hal yang penting, sediakanlah buku kecil yang bisa anda bawa kapanpun.


Tidak Mengonsumsi Alkohol
Manusia yang bermemori kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman beralkohol. Alcohol dapat merusak sistem dan melemahkan kemampuan otak. Kan enak kalau punya memori yang kuat, jadi bisa ingat akan sesuatu lebih baik. Jangan minum minuman keras OK!



Menonton televise tidak lebih dari satu jam
Orang-orang yang berdaya ingt kuat jarang melihat tontonan yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang bersifat mengrdukasi. Mereka lebih sering membaca dibandingkan menonton televisi.



Sering Membaca Novel
Untuk kalian yang suka membaca novel teruskan membacanya, bagi yang masih sekolah jangan lupa belajar saja. Dengan membaca novel, otak kita akan dilatih berfikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Alur cerita novel yang beliku-liku akan membuuat otak terus berpikir dalam bentuk petualangan yang lebih menarik dan seru. Tapi jangan lupa waktu yaaa...



Selalu Menyilang-nyilangkan dan Menyambung-nyambungkan Data
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung-hubungkan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat. Contohnya kalau membaca novel belum selesai, maka kita akan bertanya-tanya apa cerita dari novel itu selanjutnya.



Mengonsumsi Ikan
Untuk kalian yang suka makan ikan tetap jaga itu, dan bagi kalian yang alergi ikan jangan makan ikan ya sampai alergi kalian sembuh. Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon dan sarden mengandung omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat.



Meminum Teh atau Kopi
Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jangtung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan bisa berakibat fatal. Minumlah the dan kopi dalam porsi sewajarnya.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

tinggalkan pesan/komentar anda tentang posting ini